Perbedaan Tecno Spark 5 Pro dan Spark 7 Pro

Slooptavern – Kesuksesan debut awal mereka lewat Spark 5 Pro, kini Tecno diracuni untuk menggarap produk baru bernama Spark 7 Pro. Bisa dibilang keduanya hampir memiliki banyak kesamaan, mulai dari hadirnya sensor accelerometer, proximity, hingga fingerprint reader yang juga ada di bagian belakang perangkat.

Layar kedua ponsel ini juga seimbang sebesar 6,6 inci dengan rasio screen-to-body 83,7%, yang cukup besar untuk ponsel saat ini.

Rasio 720 x 1600 piksel, kedua ponsel Spark diberkati dengan ketajaman layar yang sama yaitu 266 ppi. Tak lupa pula teknologi panel yang diusung oleh IPS LCD, yang tentunya lebih hemat dalam konsumsi energi.

Perbedaan antara Tecno Spark 5 Pro dan Spark 7 Pro

Setelah mengenal Tecno Spark 5 dan Spark 7 Pro melalui spesifikasi singkat di atas, mari kita telusuri perbedaan kedua ponsel secara lebih mendalam dalam beberapa hal yang telah dirangkum di bawah ini:

1. Tubuh dan tampilan layar

Dengan menyandingkan kedua ponsel ini, sepertinya tidak ada perbedaan, terutama pada area depan yang terbuat dari kaca, keduanya mengusung konsep Punch Hole atau terdapat lubang kecil di bagian kiri atas layar. Keduanya juga telah membangun slot untuk Dual SIM, yakni Nano-SIM dan Dual Standby.

Namun, ketika Anda membaliknya, Anda dapat dengan mudah menemukan perbedaannya. Untuk Spark 5 Pro, fitur pola berbentuk berlian dengan casing memanjang yang menampung sensor kamera utama. Sedangkan pola Spark 7 Pro terlihat vertikal dari atas ke bawah dengan bodi kamera yang lebih panjang.

Kedua perangkat memiliki ketebalan 8.8mm yang sama, ternyata untuk dimensi panjang dan lebar ada sedikit perbedaan pendapat. Dimensi panjang dan lebar Spark 5 Pro adalah 164,7 x 76.3mm, sedangkan Spark 7 Pro dibuat dengan panjang 164.9mm dan lebar 76.2mm.

2. Sistem pada chip

Di kategori gerbang dapur, Spark 5 Pro bekerja berdasarkan Android 10 dengan antarmuka HIOS 6.1. Menggunakan chipset MediaTek Helio A25 dengan teknologi manufaktur 12 nanometer, perangkat ini memiliki 4 prosesor Octa-core Cortex-A53 dengan clock 1,8 GHz dan empat Cortex-A53 hingga 1,5 GHz.

Performa Spark 5 Pro semakin andal, terutama dalam pemrosesan grafisnya, yaitu PowerVR GE8320, yang membuat layar animasi berfungsi sebagaimana mestinya. Dari jeroan yang dilas, perangkat Tecno berhasil mengumpulkan 96.634 poin AnTuTu.

Berbeda dengan Spark 7 Pro yang mampu meraih skor AnTuTu hingga 203.000. Hal ini tak lepas karena chipset yang disandingkannya adalah MediaTek Helio G80 dengan build 12 nanometer. Berbasis Android 11 dengan antarmuka HIOS 7.5, ponsel ini dilengkapi dengan kartu grafis Mali-G52 MC2 untuk menghasilkan tampilan visual yang maksimal.

Untuk menghasilkan kinerja yang cepat dan mulus, Spark 7 Pro memasang prosesor CPU Octa-core yang terdiri dari dua inti Cortex-A75 yang berjalan hingga 2,0 GHz dan enam pada 1,8 GHz untuk Cortex-A55. Dengan cara ini, Anda dapat mengandalkan perangkat ini untuk melakukan aktivitas serbaguna sehari-hari penggunanya.

3. Kamera

Salah satu aspek menarik yang ternyata menjadi pembeda antara kedua ponsel ini adalah pengaturan kameranya. Mari kita mulai dengan modul kamera depan yang memiliki resolusi 8 MP yang sama.

Namun, Spark 5 Pro memiliki aperture f / 2.0 dengan dual LED flash dan HDR, sedangkan Spark 7 Pro tidak memiliki ukuran aperture atau fungsi HDR yang diketahui.

Di area case Spark 5 Pro, ada tiga sensor yang ditempatkan dalam case vertikal panjang dengan flash Quad-LED. Bersamaan dengan panorama dan HDR, keempat sensor kamera belakang termasuk 16 MP yang memiliki aperture f/1.8 serta PDAF yang digunakan oleh sensor utama. Hasilnya cukup memuaskan untuk sebuah ponsel kelas pemula.

Lalu ada sensor makro 2 MP yang tugasnya memotret objek kecil dan sensor QVGA untuk mendeteksi mode malam. Melacak keberadaan sensor kedalaman 2 MP memungkinkan untuk memberikan efek bokeh latar belakang suatu objek. Sistem videografi telah dirancang dengan resolusi 1080p@30fps.

Tingkatkan ke Spark 7 Pro, yang mendapat pembaruan konfigurasi dari pendahulunya. Kamera utama Spark 7 Pro terdiri dari tiga sensor, antara lain sensor wide 48 MP dengan PDAF yang hasil jepretannya dapat memanjakan pandangan, sensor 2 MP dan sensor QVGA, serta mendukung fungsi Super Nightshot dan Quad flash. Sementara itu, resolusi videonya 1080p pada 30 fps.

4. Ruang penyimpanan

Untuk membantu pengguna menyimpan data dalam jumlah besar dan menginstal berbagai aplikasi, Tecno telah menyiapkan ruang penyimpanan yang besar untuk Spark 5 Pro dan Spark 7 Pro. Dengan menjalankan teknologi eMMC 5.1, ia mampu mendorong proses penyimpanan yang cepat. keduanya hadir dengan ukuran ruang penyimpanan yang berbeda.

Ruang penyimpanan Spark 5 Pro terdiri dari RAM 3 GB dan 4 GB dengan memori internal 64 GB dan 128 GB. Di antara ukuran tersebut dapat dipadukan dalam berbagai kombinasi antara lain 3/64 GB, 4/64 GB, dan 4/128 GB Ponsel ini dapat lebih meningkatkan kapasitas penyimpanan dengan mengintegrasikan microSDCX di slot khusus.

Beralih ke ruang penyimpanan Spark 7 Pro, yang menyediakan RAM 4 GB dan 6 GB. Sedangkan penyimpanan internal (ROM) terdiri dari varian, yakni 64 GB dan 128 GB.

Jika ingin menggabungkan RAM dan memori internal, akan ada tiga pilihan yakni 4/64 GB, 6/64 GB, dan 4/128 GB.Kapasitasnya juga bisa ditingkatkan hingga 512 GB dengan microSDXC.

5. Warna dan harga

Sebagai ponsel terbaru, Tecno Spark 7 Pro tentu ingin menghadirkan hadiah baru yang segar untuk para senior Anda. Oleh karena itu, perangkat ini tersedia dalam beberapa variasi warna yang menarik antara lain Alpine Blue, Spruce Green, Neon Dream, dan Magnetic Black.

Sebagai senior Tecno Spark 7 Pro, perangkat Spark 5 Pro tampaknya masih tetap eksis dengan pola cantik yang terdiri dari berbagai pilihan antara lain Ice Jadeite, Spark Orange, Seabed Blue, dan Cloud White. Anda bisa mengetahui bahwa kedua ponsel Tecno ini memiliki identitas tersendiri melalui warna yang mereka kenakan.

Perbedaan selanjutnya dari kedua ponsel ini adalah harga yang ditawarkan. Perangkat Spark 7 Pro melayang di pasaran dengan harga sekitar Rp 1,9 juta untuk tipe 4/64 GB, sedangkan Tecno Spark 5 Pro bisa dimiliki dengan merogoh kocek sekitar Rp 1,45 juta untuk model 4/128 GB.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru